Diare Lewat, Mukjizat Pisang yang Mesti Kita Ketahui Bersama

oleh -1887 Dilihat
oleh
Penjual Pisang
Pisang banyak dijajakan di pinggir jalan di beberapa kota besar di Indonesia termasuk Bali
Pisang adalah buah yang lezat, bergizi, dan sering dikonsumsi di seluruh dunia. Selain memberikan manfaat gizi yang baik untuk tubuh, pisang juga diketahui memiliki beberapa sifat penyembuhan yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa penyakit yang dikatakan dapat disembuhkan atau dikelola dengan bantuan pisang yang dikumpulkan dari berbagai sumber oleh balisore.com.
Diare: Pisang dapat membantu mengatasi diare karena kandungan seratnya yang tinggi. Serat membantu mengikat air dalam tinja dan mengurangi kejadian diare. Pisang juga mengandung pektin, yang membantu meredakan peradangan pada saluran pencernaan.
Gangguan Pencernaan: Pisang mengandung enzim papain dan amilase, yang membantu memecah makanan dan memfasilitasi pencernaan yang lebih baik. Mereka juga mengandung serat larut yang membantu mengurangi gejala seperti mulas, gas, dan konstipasi.
Tekanan Darah Tinggi: Pisang mengandung kalium yang penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mengatur tekanan darah. Kalium membantu melawan efek natrium dan memperlancar peredaran darah. Dengan mengonsumsi pisang secara teratur, tekanan darah dapat dikendalikan.
Masalah Kulit: Kulit pisang memiliki sifat antiinflamasi dan mengandung senyawa bioaktif yang dapat membantu mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit. Penggunaan kulit pisang secara topikal dapat membantu mengurangi gatal-gatal, jerawat, eksim, dan psoriasis.
Depresi dan Kecemasan: Pisang mengandung triptofan, asam amino yang meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh. Serotonin adalah neurotransmiter yang terkait dengan perasaan bahagia dan kesejahteraan. Dengan meningkatkan kadar serotonin, pisang dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan.
Meskipun pisang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan dan membantu dalam mengelola beberapa kondisi, penting untuk dicatat bahwa pisang tidak boleh dianggap sebagai pengobatan tunggal untuk penyakit serius. Penting untuk berkonsultasi dengan profesional medis yang berkualitas sebelum menggantikan pengobatan yang diresepkan atau mengandalkan pisang secara eksklusif untuk kondisi medis. Pisang sebaiknya digunakan sebagai bagian dari pola makan sehat dan gaya hidup aktif secara keseluruhan untuk mendukung kesehatan yang optimal. (*)

Baca Juga  Rahasia Memasak Beras Merah yang Pulen dan Lezat: Tips, Manfaat, dan Resep

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.